Wagub Sandiaga Uno Akan Buka Jalan Jatibaru, Pedagang Minta Lokasi Baru

TEMPO | 6 Maret 2018 | 14:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pedagang kaki lima di Tanah Abang mengaku belum tahu rencana Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang akan membuka Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. “Kalau boleh tahu, rencana itu kapan, ya?” ucap Alex, pedagang pakaian di tenda nomor 245 di Jalan Jatibaru Raya, kepada Tempo, Senin, 5 Maret 2018. Namun, kata Alex, kalau pedagang yang menggunakan sebagian badan Jalan Jatibaru akan direlokasi ke tempat lain yang permanen, dia amat senang.

“Kami juga tidak enak sama sopir angkot kalau mereka tidak bisa cari duit karena kami,” kata Alex. Ia menjelaskan, pilihannya untuk menjadi PKL karena tidak memiliki kios di bangunan Pasar Tanah, sehingga pilihan untuk berdagang di trotoar dilakoni sejak 2007. “Hasilnya tidak banyak, tapi bisa biayai anak dengan istri lah,” ujar Alex. Pendapatan, kata bapak dua anak, itu tidak menentu. Biasanya, pembeli ramai di akhir pekan dan awal bulan. “Kalau lagi tanggal tua, bisa jual tiga kaos per hari saja sudah syukur,“ katanya. 

Harapan serupa disampaikan pedagang bernama Leo yang menempati tenda nomor 244. Da ingin mempunyai kios agar berjualan di satu lokasi secara tetap. “Sejaki 1995 jualan di jalan terus, kalau masuk ke Blok G tidak mencukupi jumlah pedagang yang ada,” kata Leo.

Pria 54 tahun mengaku tidak mempunya pilihan pekerjaan lain selain berjualan pakaian. Mau jadi kuli bangunan fisik sudah tua. “Pendapatan sih standar UMR, tapi bedanya dengan kerja kantoran, kalau lagi sepi pembeli bisa tidur-tiduran, tidak ada yang marahi,” ucap Leo. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Jalan Jatibaru Raya akan dibuka kembali 24 jam untuk lalu lintas. Sebelumnya, pihaknya akan menyiapkan lokasi baru terlebih dahulu untuk PKL yang selama ini diberi tempat berjualan di sebagian badan Jalan Jatibaru. Namun, Sandiaga Uno belum bersedia mengemukakan lokasinya. “Kami sudah ada tempatnya yang dicanangkan. Nanti kami akan presentasikan,” ujar Sandiaga Uno di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu, 3 Maret 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait